Sport

Reaksi Keras Valentino Rossi Buat Bos Michelin yang Sebut Gaya Balapnya Bikin Ban Cepat Aus

Seusai mengikuti kualifikasi MotoGP Spanyol, Sabtu (18/7/2020), Valentino Rossi malah terlibat perang kata dengan dengan Manajer Michelin, Piero Taramasso. Adu argumen ini berawal dari keluhan Rossi setelah mendapat hasil buruk pada hari pertama rangkaian MotoGP Spanyol, Jumat (17/7/2020). Rossi menyebut ban Michelin yang cepat panas menjadi salah satu biang kegagalan dirinya masuk 10 besar latihan bebas (FP) pertama dan kedua.

Secara khusus, Rossi menyoroti kualitas ban belakang motor Yamaha M1 buatan Michelin. Mendengar keluhan itu, Taramasso justru mengkritik gaya balapan Rossi. Taramasso menilai gaya balapan Rossi yang cukup jauh menggantung dari motor justru membuat ban mendapat tekanan lebih sehingga cepat panas. Taramasso heran dengan keluhan Rossi karena dua pebalap Yamaha lain, yakni Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), tidak mengalami masalah ban.

Hal itu dibuktikan dari keberhasilan Quartararo dan Vinales yang menempaati posisi pertama dan kedua pada sesi kualifikasi. Mendengar kritik Taramasso, Rossi menunjukkan reaksi keras. Rossi tetap pada pendirian bahwa masalah yang dialami dirinya saat ini adalah karena kualitas ban Michelin. "Saya tidak setuju dengan Taramasso. Saat masih menggunakan ban Bridgestone, saya mendapat hasil baik dengan gaya balapan sekarang," kata Rossi dikutip dari situs Crash, Minggu (19/7/2020).

"Saya tidak yakin gaya balapan saya adalah masalahnya. Anda bisa lihat Andrea Dovizioso (Ducati). Dia punya gaya seperti saya, tetapi bannya tidak cepat aus," ucap Rossi. Rossi dan Monster Energy Yamaha tentu harus segera mencari solusi ban karena MotoGP 2020 akan dimulai. Meski memaklumi kritik Taramasso, Rossi memastikan tidak akan mengubah gaya balapannya dan lebih memilih mencari solusi lain.

"Pada masa lalu, saya suka menggunakan ban keras di depan maupin belakang. Saya banyak mendapat hasil bagus dengan komposisi ban seperti itu," kata Rossi. "Sekarang, ban Michelin sangat lembut dan itu tidak mudah bagi saya. Saya kehilangan kinerja motor ketika ban mulai panas dan kehilangan cengkraman," ucap Rossi. "Saya mengerti kritik Taramasso. Ini adalah masalah saya dan bukan Michelin karena pebalap lain bisa cepat. Saya akan segera mencari solusi. Namun, gaya balap saya bukan penyebab masalah ini," kata Rossi.

Pada MotoGP Spanyol nanti, Rossi akan memulai balapan dari urutan ke 11. MotoGP Spanyol 2020 akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) tepat pada pukul 19.00 WIB.

Berita Terkait

PP Pelti Bangga Bisa Gelar Pra-Kualifikasi Zona Asia/Oseania Piala Davis & Fed Junior

Nurofia Fauziah

Kami Sangat Kehilangan Pahlawan Bulutangkis Piala Uber Tati Sumirah Berpulang Menpora

Nurofia Fauziah

Raih Emas Ketiga Indonesia Duduki Posisi Kelima Geser Singapura Update Klasemen SEA Games 2019

Nurofia Fauziah

Rossi Khawatir Jumlah Gelarnya Disamai Marquez Sabet Gelar Kedelapan Juara Dunia MotoGP

Nurofia Fauziah

PB ISSI Datangkan Kosultan Kaliber Dunia Bidik Medali di Setiap Olimpiade

Nurofia Fauziah

Cerita Elga Kharisma, Berjuang Melawan Cedera Serius Hingga Kembali Jadi Andalan PB ISSI

Nurofia Fauziah

Juara Turnamen MPL di Piala Presiden Esports 2020 Aby Ramadhan Himbau Gamer Jangan Lupa Waktu

Nurofia Fauziah

Carmelo Ezpeleta Pertimbangkan Pangkas Seri MotoGP 2020 Usul Presiden FIM Tak Sejalan dengan Dorna

Nurofia Fauziah

Lakukan Physical Distancing Kemenpora Tak Larang Pelatnas Tetap Berjalan

Nurofia Fauziah

Pebulutangkis Tontowi Ahmad Nyatakan Ingin Segera Pensiun Bulan Depan Mendadak WA Pelatih

Nurofia Fauziah

Muhammad Akbar Kurniawan Diharapkan Kedua Orang Tuanya Menuai Prestasi Besar di Tahun 2020

Nurofia Fauziah

Valentino Rossi Merasa Tidak Ada yang Aneh Dengan Keputusannya Menyalip Marc Marquez

Nurofia Fauziah

Leave a Comment