Kesehatan

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Flu adalah infeksi pernapasan yang menulardan disebabkan oleh virus influenza. Gejala flu biasanya berlangsung sekitar satu minggu, tetapi gejala yang paling parah hanya terjadi selama dua hingga tiga hari. Seringkali ketika terserang penyakit flu Anda akan merasa hidung Anda tersumbat.

Hal ini dapat menyebabkan Anda kesusahan bernapas dan tidak bisa menghirup udara dengan lega. Beberapa hal mungkin juga terjadi apabila flu tidak segera diatasi. Anda dapat terkena penyakit saluran pernafaasan yang lebih serius misalnya penyakit sinus.

Mandi air panas dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu. Uap air akan membantu mengencerkan ingus sehingga membantu melancarkan pernapasan. Panas dapat membantu mengurangi penyumbatan dan dapat membuka saluran hidung Anda.

Caranya basahi waslap atau kain dengan air panas, lalu berbaring, dan letakkan kain di atas jembatan hidung Anda sehingga menutupi hidung Anda. Pastikan handuk dapat memberikan efek hangat pada hidung Anda, dan jangan biarkan lapisan handuk menutupi lubang hidung. Uap mengandung mentol, kayu putih, dan/atau kapur barus dapat membuat pernafasan Anda lebih lega.

Uap mengandung mentol memberikan efek hangat yang dapat membantu cairan di hidung keluar dengan sendirinya. Jika hidung Anda tersumbat, cobalah untuk memakan hidangan yang sedikit lebih pedas daripada yang biasanya Anda nikmati. Makanan pedas dapat mengatasi hal yang mengiritasi selaput lendir Anda, sehingga cairan di hidung Anda dapat mengalir keluar.

Menggunakan semprotan garam hidung dapat meningkatkan kelembaban di lubang hidung Anda. Semprotan ini membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Mesin pelembab udara ini bekerja mengubah air menjadi uap air yang secara perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembaban di sebuah ruangan.

Menghirup udara lembab dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan membengkak pada pembuluh darah di hidung dan sinus. Dengan memenuhi kebutuhan minum, maka akan mengurangi tekanan sinus. Selain itu dengan tetap terhidrasi dengan minum akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan mendorong cairan keluar dari hidung.

Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh Anda saat melawan flu. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak tidur membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan sangat penting bagi kemampuan tubuh untuk menjaga jumlah sel darah putih tetap tinggi dan melawan infeksi. Sebelum terserang penyakit flu parah, ada baiknya Anda kenali gejala flu terlebih dahulu.

Dikutip dari , gejala flu yang paling umum adalah demam tinggi, panas dingin, nyeri otot, sakit kepala, tubuh terasa lemah dan kelelahan ekstrem, batuk kering dan sakit tenggorokan hingga muntah. Lakukan juga cara berikut ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan: Beristirahat yang cukup di tempat tidur.

Banyak konsumsi minum atau minum yang cukup. Menggunakan obat untuk atasi flu. Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi ke anggota rumah tangga lainnya.

Jika flu semakin parah sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter.

Berita Terkait

7 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Sedih saat Galau Bisa Membuat Perasaanmu jadi Lebih Baik

Nurofia Fauziah

Hindari Kena Mulut Trik Menggunakan Disinfektan yang betul & Mata Hidung Pakar Toksikologi UI

Nurofia Fauziah

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Nurofia Fauziah

Berkhasiat Memperkuat Daya Tahan Tubuh Resep Membuat Teh Jahe Lemon

Nurofia Fauziah

Bisa Mencegah Risiko Diabetes 5 Manfaat Biji Buah Anggur

Nurofia Fauziah

Obat Alami yang Efektif Mencegah Osteoporosis Ramuan Black Cohosh hingga Akupuntur Tips Kesehatan

Nurofia Fauziah

Sebaiknya Jangan Ditinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Nurofia Fauziah

Yuk Ikuti Kebiasaan Dokter Cantik Ini Jalan Cepat Minimal 15 Menit hendak Olahraga Murah & Gak Ribet

Nurofia Fauziah

Simak Penjelasannya Bayi Baru Lahir Siap-siap Menanggung Utang BPJS Kesehatan

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

Kesehatan WNI Kru Kapal Diamond Princess yang Positif COVID-19 Dipastikan Stabil

Nurofia Fauziah

Mulai dari Cotton Bud hingga Obat Tetes Cara Bersihkan Kotoran Telinga Berikut Ternyata Salah

Nurofia Fauziah

Leave a Comment