Lifestyle

Lengkap Arab serta Latinnya Bacaan Doa Akhir Tahun & Awal Tahun 1 Muharram 1442 H

Umat muslim akan menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H. Sebagian besar akan memanjatkan doa ketika menyambut 1 Muharram 1442 H. Menurut penanggalan Masehi, 1 Muharram 1442 H jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2020.

Secara umum, tidak ada dalil yang menganjurkan untuk berdoa di akhir tahun dan tidak ada juga yang melarang doa di akhir tahun. Doa akhir tahun dibaca saat akhir tahun atau 29 Dzulhijjah/Rabu (19/8/2020), siang. Sedangkan doa awal tahun dibaca saat awal bulan Muharram atau Rabu (19/8/2020), malam.

Berikut ini doa awal tahun dan akhir tahun bersumber dari Sayid Utsman bin Yahya dalam kitabnya Maslakul Akhyar: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.” بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia Mu yang besar dan kemurahan Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah. Empat bulan tersebut adalah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Sesuai dengan Allah Ta’ala berfirman dalamSurat At Taubah Ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang orang yang bertakwa. Di bulan ini, kita sebagai umat muslim juga dianjutkan untuk melakukan banyak ibadah, termasuk berpuasa.

Sebagaimana hadis Rasulullah: Dari Ibnu Abbas ra, bahwa nabi saw. ketika datang ke Madinah, mendapatkan orang Yahudi berpuasa satu hari, yaitu „Asyuraa (10 Muharram). Mereka berkata, “ Ini adalah hari yang agung yaitu hari Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan keluarga Firaun. Maka Nabi Musa as berpuasa sebagai bukti syukur kepada Allah. Rasul saw. berkata, “Saya lebih berhak mengikuti Musa as. dari mereka.” Maka beliau berpuasa dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa” (HR Bukhari). Hadis lain: Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)

Secara umum, puasa Muharram dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Pertama, berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa tanggal 9, 10 dan 11 Muharram. Kedua, berpuasa pada hari itu dan satu hari sesudah atau sebelumnya, yaitu puasa tanggal: 9 dan 10, atau 10 dan 11.

Ketiga, puasa pada tanggal 10 saja. Hal ini karena ketika Rasulullah memerintahkan untuk puasa pada hari 'Asyura para shabat berkata: “Itu adalah hari yang diagungkan oleh orang orang Yahudi dan Nasrani, beliau bersabda: “Jika datang tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan, akan tetapi beliau meninggal pada tahun tersebut." (HR. Muslim).

Berita Terkait

4 Zodiak Paling Manis, Pisces Peduli, Virgo Tak Ingin Menyakiti Hati Orang lain

Nurofia Fauziah

Pisces wajib Tenang Aries Gangguan Pencernaan Senin (17/2/2020) Ramalan Zodiak Kesehatan Hari Ini

Nurofia Fauziah

Kembali Ke Solo, ‘JakCloth De Tjolomadoe’ Tawarkan Diskon Besar Besaran

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Sabtu 1 Juni 2019, Aquarius Ambisius, Cancer Sentimen, Hari Leo Baik

Nurofia Fauziah

Aries Hidup Sederhana Virgo senang Berbisnis Ramalan Zodiak Besok Rabu 11 Maret 2020

Nurofia Fauziah

Pisces senang Menyumbang Uang Gemini Malas Buat Anggaran 5 Zodiak Paling Boros

Nurofia Fauziah

Tes Kepribadian: Anak Mana yang Paling Bodoh di Gambar Ini? Jawabanmu Cerminkan Tekad dan Potensimu

Nurofia Fauziah

5 Link Kuis Online dari Tes Otak Kanan atau Otak Kiri, hingga Tes Tingkat Stress Berbahasa Indonesia

Nurofia Fauziah

Kompres dengan Teh Celup hingga Es Batu 5 Cara Hilangkan Kantung Mata yang Menghitam

Nurofia Fauziah

Jangan Ajak Debat Aries Hingga Scorpio Jika Tak hendak Kalah 5 Zodiak Paling Jago Adu Argumentasi

Nurofia Fauziah

Buka Peluang Millennial yang Ingin Bisnis Kosmetik Kekinian

Nurofia Fauziah

Es Loli Yoghurt Blueberry hingga Es Mambo Yoghurt Kumpulan Resep Es Krim buat Cemilan Akhir Pekan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment