Kesehatan

Kenali Kandungan Obat Batuk Bagi Anak Agar Rentang Waktu buat Sembuhnya Tidak Semakin Lama

Kebanyakan orang tua biasanya langsung memberikan obat kepada anaknya yang mengalami sakit batuk dengan tujuan agar cepat sembuh. Dalam memilih obat untuk mengatasi batuk pilek yang dialami anak, orang tua harus sangat hati hati agar sakt yang diderita anaknya tidak semakin lama. Dokter Spesialis Anak Subspesialis Respirologi, dr Rifan Fauzie SpA mengingatkan agar orang tua menghindari obat batuk yang mengandung anstihistamin untuk anak.

Alasanya kandungan antihistamin bisa menyebabkan produksi dahak di saluran pernapasan anak menjadi kering. Padahal seharusnya dahak dikeluarkan. "Antihistamin banyak golongannya terutama yang golongan lama seperti CTM itu menyebabkan produksi dahak di saluran napas jadi kering," ucap dr Rifan saat live bersama Radio Kesehatan, Rabu (8/6/2020).

Bila dahak tidak dikeluarkan dan terus mengendap di dalam saluran pernapasan, efeknya batuk pada anak bukannya sembuh malah durasinya jadi lebih lama. "Kalau untuk orang dewasa pakai CTM emang enak karena secara mandiri bisa mengeluarkan dahak, tapi kalau pada anak bayi membuat dahak jadi kental efenya batuk jadi lebih hebat hingga anak kesulitan bernapas," kata dr Rifan. Satu lagi yang harus dihindari adalah obat yang mengandung antitusif yang efeknya menekan reflek batuk.

Harusnya batuk, justru jadi tidak aktif yang menyebabkan lendir tertahan di saluran pernapasan. "Kalau reflek batuk pada anak tertahan kalau ada infeksi virus di saluran napas akan dicounter tubuh jadi menyebabkan dahak berlebih. Kalau refleks batuk jadi tidak aktif refleks batuk ditekan, maka akumulasi dahak makin banyak," kata dr Rifan. Saat anak batuk, sebaiknya orang tua mecoba dahulu dengan cara cara alami seperti memberikan anak banyak cairan supaya dahaknya lebih cair baik itu air putih, ASI, maupun susu formula.

Kemudian pilihan lainnya adalah makanan yang banyak mengandung cairan seperti sayur dan buah buahan. Selain mengandung banyak cairan, sayur dan buah pun mengandung vitamin. "Cairan itu punya efek untuk mengencerkan dahak jadi lebih ringan batuknya. Lalu dahak bisa dibatukkan lewat saluran napas sehingga tidak menyebabkan gangguan bernafas," kata dr Rifan.

Berita Terkait

Inilah Para Jawara IndoHCF Innovation Awards III-2019

Nurofia Fauziah

Mendadak Sakit Kepala Tak Melulu Minum Obat Solusinya, Cobalah Nikmati Secangkir Kopi

Nurofia Fauziah

Kebanyakan Makan Pisang Bisa Picu Masalah Kesehatan

Nurofia Fauziah

Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Membunuh Aktor Taiwan Godfrey Gao Saat Syuting Reality Show

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Benarkah Mendengkur Sebabkan Gangguan Pernapasan dan Penuaan Dini? Simak Penjelasannya

Nurofia Fauziah

Baik buat Jantung hingga Turunkan Tekanan Darah Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Nurofia Fauziah

Manfaat Semangka Bagi Tubuh, Bisa Menurunkan Peradangan hingga Menghidrasi tubuh

Nurofia Fauziah

Suhu Udara Lagi Panas Panasnya, Trik Agar Tetap Sehat, Minum Cukup Dan Makan Buah

Nurofia Fauziah

Kenali 5 Jenis Depresi yang Sering Terabaikan Lucinta Luna Pakai Narkoba buat Obati Depresi

Nurofia Fauziah

Demam Berdarah hingga Leptospirosis Waspada 8 Penyakit Ini Sering Menyerang saat Musim Hujan

Nurofia Fauziah

Ini Langkah Efektif Cegah Komplikasi Diabetes

Nurofia Fauziah

Leave a Comment