Kenali Gejalanya Penyakit Osteoporosis Tak Pandang Umur

Penyakit osteoporosis atau kondisi kepadatan pada tulang penopang tubuh bisa ditandai dengan badan yang terasa lebih pendek. Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi, dr Jacky Ardianto Horas, SpOT (K) menjelaskan, orang yang mengidap osteoporosis tulangnya akan mudah patah. "Kepadatan berkurang dan mudah patah jadinya tulang pasien keropos, jatuh yang energinya kecil saja seperti terpleset tulangnya bisa patah," ucap dr Jacky saat live bersama Eka Hospital, Jumat (14/8/2020).

Patah tulang pada penderita osteoporosis pun bisa terjadi berulang sehingga membuat postur tubuh jadi pendek karena tulang yang menopang banyak yang patah. Selain tubuh yang terasa lebih pendek, osteoporosis juga ditandai gejala lainnya yaitu rasa nyeri yang terjadi pada tulang yang patah yang kebanyakan terjadi pada tulang belakang. "Pada pasien tanda nyeri dan secara tidak sadar tubuhnya makin pendek itu kemungkinan osteoporosis karena patah yang terulang di tulang belakang," ungkap dr Jacky.

Kepadatan tulang memang secara alami berkurang karena usia tapi bisa juga terjadi karena adanya penyakit bawaan, gaya hidup, maupun faktor genetik sehingga memungkinkan terjadi pada usia anak anak dan produktif. "Bisa anak yang baru lahir mengalami kerapuhan tulang, tulang mudah patah karena faktor gentik, ada orang yang penderita mengonsumsi mengosnusmi steroid, kelainan indung telur, jadi tidak selalu pada pasien tua," kata dr Jacky.