Internasional

Ini Langkah Jitu Vietnam Lawan Virus Corona Tanpa Lockdown

Vietnam menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang sampai saat ini belum memiliki kasus kematian akibat virus corona atau Covid 19. Terhitung Sabtu (28/3/2020), Vietnam memiliki 163 kasus positif di mana 20 pasien dinyatakan sembuh. Sejak awal pemerintah Vietnam tegas memerangi virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Di awal Maret lalu, Vietnam berhasil menyembuhkan seluruh pasien positif corona, yang saat itu masih berjumlah 16 kasus. Keberhasilan itu mendapatkan apresiasi dari organisasi kesehatan dunia atau WHO. WHO menilai, pemerintah Vietnam sangat merespons cepat dan aktif atas keadaan darurat dan kritis di tahap awal penyebaran di wilayahnya.

Berikut langkah hebat Vietnam dalam menekan penyebaran virus corona yang bisa dicontoh oleh Indonesia tanpa menerapkan lockdown : Pemerintah Vietnam telah mengaktifkan sistem responsif saat tahapan awal wabah. Kasus pertama terjadi pada 23 Januari lalu, saat dua orang warga China yang sedang berlibur Imlek di Kota Ho Chi Minh dinyatakan positif corona.

Pemerintah langsung mengintensifkan pengawasan, meningkatkan pengujian laboratorium, memastikan pencegahan dan pengendalian infeksi, manajemen kasus yang baik di fasilitas kesehatan, menyampaikan pesan komunikasi ke publik dengan sangat jelas, serta kolaborasi lintas sektor yang erat. Media dikontrol dengan penyebaran kampanye kampanye besar besaran yang positif untuk bersama sama melawan virus corona. Langkah berikutnya adalah menerapkan prinsip prinsip dasar kesehatan dan mengikuti instruksi ketat dari protokol kesehatan, seperti yang disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Nguyan Thanh Long saat konferensi pers pada 10 Februari lalu.

Seperti, dokter diharuskan mengobati segera gejala pada pasien seperti demam. Lalu pasien menjalani diet ketat dan makan makanan bergizi, serta memonitor asupan oksigen di dalam darah pasien. Selain melalui sisi medis, pemerintah Vietnam juga mencegah penyebaran virus meluas dengan menerapkan aturan liburan sekolah dan universitas yang panjang di 63 kota. Meski libur sekolah, para siswa dipantau oleh guru dan terus diingatkan pola hidup bersih yakni mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh.

Pemerintah Vietnam lebih jauh juga memberlakukan larangan ekspor satwa liar sejak 28 Januari. Satwa liar yang dilarang juga meliputi hewan yang berhubungan dengan penyakit mematikan lain seperti SARS dan MERS. Pasar hewan, peternakan, dan restoran diawasi ketat untuk meminimalisir perdagangan hewan liar yang dikomsumsi.

Semua orang ditempatkan di bawah level pembatasan kontak yang ketat. Sejak awal, siapa pun yang tiba di Vietnam dari daerah berisiko tinggi akan dikarantina selama 14 hari. Pejabat keamanan atau mata mata Partai Komunis mengawasi di setiap sudut jalan hingga ke desa desa. Tentara dikerahkan untuk melawan Covid 19. Pengawasan ketat ini berhasil memperkecil jumlah orang yang melanggar peraturan.

Berita Terkait

Musim Dingin di Rusia Sambut 14 Mahasiswa Indonesia asal Papua

Nurofia Fauziah

Gong Yoo Sedih Mengaku Bukan Anak Baik yang Berbakti pada Orang Tuanya

Nurofia Fauziah

Duduk di Toilet Selama Lima Hari, Jimmy Gondol Rekor Dunia

Nurofia Fauziah

Kegiatan Ibadah Termasuk Salat Jumat Ditiadakan Malaysia Umumkan Lockdown 2 Pekan Lawan Corona

Nurofia Fauziah

Kini Nasibnya Berakhir Tragis Kisah Pramugari Jual Jasa Berhubungan Intim di Toilet Selama 2 Tahun

Nurofia Fauziah

Super Junior Dandan Apa Adanya Tanpa Makeup di MV Somebody New

Nurofia Fauziah

Sempat Teriak ‘Selamat Natal’ Pria Berjanggut Putih Rampok Bank & Sebar Uang

Nurofia Fauziah

Dianggap Buat Polusi Suara, Seekor Ayam Jago Dikasuskan ke Pengadilan

Nurofia Fauziah

Pengakuan Mia Khalifa, Bintang Porno yang Namanya Banyak Dicari di Internet

Nurofia Fauziah

Jadi Pencari Nafkah & Kepala Keluarga Wanita Nikahi 3 Pria Sekaligus

Nurofia Fauziah

NBA Larang Para Atlet ‘Tos’ & Tanda Tangan di Barang Penggemar Wabah Virus Corona di Amerika

Nurofia Fauziah

Viral Rumah Dijual Rp 25 Miliar Calon Pembeli Ragu Setelah Temukan Hal Ini dalam Foto Populer

Nurofia Fauziah

Leave a Comment