Internasional

Disiplin hingga Tidak Ada Hukuman atau Denda Mengintip Gaya Lockdown Jepang

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe tengah bersiap untuk menyatakan darurat Covid 19 di Jepang atau lockdown , pada Senin (6/4/2020). Ini bertujuan agar para pejabat daerah memiliki wewenang hukum lebih kuat untuk mendesak masyarakat mengisolasi diri di rumah. Terutama bagi kegiatan bisnis agar bisa ditangguhkan sementara.

Namun istilah lockdown di Jepang agaknya berbeda dengan yang diadopsi negara lainnya. Sejumlah otoritas negara mengerahkan aparat hukum untuk menjatuhkan denda atau hukuman pada pelanggar lockdown. Dikutip dari , tetapi Jepang akan merujuk pada tekanan di lingkungan dan tradisi menghormati otoritas yang sudah dilakukan turun temurun.

Sejatinya otoritas daerah sudah meminta masyarakat untuk tinggal di rumah pada akhir pekan, menghindari keramaian, dan bekerja di rumah. Sebenarnya anjuran ini sudah dilakukan masyarakat, tetapi tidak semasif yang diprediksikan ahli. Biasanya yang banyak menurut adalah warga di pusat penyebaran Covid 19.

"Orang Jepang punya kekuatan sosial tertanam dengan kuat dan memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membentuk melalui suasi moral yang tidak dimiliki negara negara Barat," jelas Profesor Universitas Sophia, Koichi Nakano. Berdasarkan undang undang yang direvisi pada Maret lalu, perdana menteri boleh menyatakan darurat bila suatu penyakit menyebabkan bahaya nasional. Utamanya bagi kehidupan dan bila berlangsung lama juga berpotensi berimbas pada perekonomian.

Keadaan darurat ini bisa bertahan selama dua tahun dan mungkin diperpanjang satu tahun. Perdana Menteri Abe mendapat banyak tekanan untuk mendeklarasikan kondisi darurat ini. Apalagi setelah terjadi lonjakan infeksi Covid 19 di Tokyo dan sejumlah daerah lainnya.

Bagaimanapun juga, membatasi mobilitas dan bisnis akan menjadi pukulan berat bagi perekonomian. "Keseimbangan antara kelebihan dan kekurangan harus dipertimbangkan." "Tidak ada cara yang 100% benar," Dirjen Institut Kesehatan Masyarakat Kota Kawasaki, Nobuhiko Okabe.

Okabe juga salah satu anggota ahli yang memberikan nasihat pada Abe. Kendati demikian, beberapa pakar menilai deklarasi darurat ini sudah terlambat. Sebab ibu kota Tokyo sudah mengalami lonjakan tinggi infeksi virus corona.

Para gubernur di daerah daerah dengan infeksi Covid 19 terbanyak, kini akan menambahkan aturan untuk memaksa warga tinggal di rumah. Selain itu juga menutup sekolahan, fasilitas umum, dan membatalkan acara. Undang undang mengizinkan untuk merilis nama warga yang tidak mematuhi aturan ini.

Tetapi tidak memperbolehkan menangkap atau mendenda orang itu. Peraturan itu juga memberi wewenang pemerintah daerah untuk mengarahkan penjualan obat obatan dan makanan. Selain itu juga mengalokasikan kendaraan darurat untuk barang barang tertentu.

Pihak berwenang juga bisa mengambil alih tanah dan bangunan untuk fasilitas medis yang dibutuhkan. Sementara itu, otoritas menunjuk industri tertentu yakni utilitas, transportasi dan penyiaran publik NHK. Lembaga publik ini diminta menyebarkan informasi terkait pandemi dan kebutuhan dalam keadaan darurat.

Berita Terkait

Tagihan Biaya Keamanan Tambah Rp 900 Juta Ratu Elizabeth Sedih Archie Tak Dibawa menuju Inggris

Nurofia Fauziah

Nike Women Unggah Foto Model Berambut Ketiak di Instagram, Kampanyekan Definisi Cantik Natural

Nurofia Fauziah

Pendaftaran Pembelian Tiket Olimpiade 2020 Dibuka via Internet, Baru Dijual Mulai Musim Gugur

Nurofia Fauziah

Tikus Jepang pun senang Berendam Air Panas Tak Hanya Manusia

Nurofia Fauziah

tapi Terlambat Istri yang Kerja di Luar Kota Bergegas Pulang Suami Meninggal Dunia Setelah Futsal

Nurofia Fauziah

Presiden Hassan Rouhani Bersumpah Menuntut Pihak yang Bersalah Kecelakaan Pesawat Ukraina di Iran

Nurofia Fauziah

Bocah 16 Tahun Habisi Nyawa Kakaknya Lalu Bunuh Diri Sehari Setelah Ulang Tahun sang Ibu

Nurofia Fauziah

Dianggap Buat Polusi Suara, Seekor Ayam Jago Dikasuskan ke Pengadilan

Nurofia Fauziah

Viral Video Romantis Pemuda Ikuti Tutorial YouTube Buat Origami 24 Mawar Merah buat Pujaan Hati

Nurofia Fauziah

‘Korban Pura-pura Tidur’ Reynhard Sinaga Beri Pengakuan Mengejutkan Soal Pemerkosaan yang Dilakukan

Nurofia Fauziah

Diangkat dari Novel Horor Stephen King dari Tayang Hari Ini Simak Sinopsis Lengkap Doctor Sleep

Nurofia Fauziah

Perusahaan Ini Bikin Masker dari Tisu Toilet Harga Melonjak Sejak Virus Corona Merebak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment