Kesehatan

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Risiko penyakit diprediksi akan meningkat seiring bertambahnya usia dan sistem kekebalan tubuh pun menjadi lemah. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatanmu, kamu sebaiknya melakukan pemeriksaan fisik lengkap setiap 2 tahun. Selain itu, kamu pun bisa melakukan tes super cepat yang bisa dicoba di rumah.

Kamu hanya membutuhkan waktu 30 detik dan kamu pun akan mengetahui apakah tubuhmu baik baik saja atau tidak. Tekan bagian atas jari tangan kirimu dengan meremas akar kuku menggunakan ibu jari dan jari telunjuk kananmu. Mulailah dengan ibu jarimu dan tahan selama 3 5 detik.

Setelah itu, lanjutkan ke jari lain dan ulangi yang sama. Setelah kamu berhenti menekan, darah semestinya mengalir kembali dalam waktu tidak lebih dari 2 detik. Jika ya, tubuhmu memiliki aliran darah yang cukup.

Jari jarimu terhubung erat dengan organ organ dalammu dan jika tes tersebut menyakitkan bagimu, mungkin ada sesuatu yang salah. Inilah arti rasa sakit pada jari yang berbeda, menurut para ahli: Ibu jari: jika meremas kuku ibu jari terasa menyakitkan bagimu, ini mungkin merupakan tanda masalah paru paru.

Jari telunjuk: berhubungan erat dengan usus besarmu. Rasa sakit di jari ini merupakan indikasi masalah usus besar dan sembelit. Jari tengah: nyeri pada jari tengah adalah tanda masalah jantung.

Jari manis: jari manis sangat terkait dengan hatimu dan jika meremasnya menyakitkan bagimu, itu bisa menjadi pertanda masalah jantung. Jari kelingking: nyeri pada jari kelingking menunjukkan masalah dengan usus kecil. Buat kepalan tangan dan pegang tanganmu di posisi yang sama.

Setelah 30 detik, buka kepalan tangan dan kamu akan melihat bahwa telapak tangamu telah memutih. Ketika kamu mengepalkan tangan, pembuluh darahmu diperas, membatasi aliran darah ke tanganmu. Jika setelah kamu membuka kepalan tanganmu, darah kembali mengalir deras.

Itu berarti pembuluh darahmu bekerja dengan baik dan menunjukkan jika kamu dalam keadaan sehat. Di sisi lain, jika perlu beberapa saat bagi telapak tangan untuk kembali ke warna merah seperti biasa, itu bisa jadi tanda arteriosklerosis. Berbaringlah dengan nyaman dengan wajah menghadap lantai.

Jaga kedua lengan lurus di sampingmu. Jaga agar kaki kiri tetap rata dan perlahan lahan angkat kaki kanan ke atas. Tekuk kakimu di lutut dan tahan posisi ini selama 30 detik.

Jika kamu berhasil melakukannya, tubuhmu sehat. Tetapi, jika tes itu menyakitkan bagimu, kamu mungkin memiliki masalah dengan gluteus maximus, salah satu otot terkuat di tubuhmu. Berbaringlah, menghadap lantai.

Jaga agar lenganmu lurus di samping tubuh di tanah. Angkat kedua kakimu ke atas, sambil menjaga tubuhmu tetap diam. Tahan posisi ini selama 30 35 detik.

Jika kamu dapat melakukan hal di atas tanpa menggerakkan kaki atau menggerakkannya, tubuhmu sehat. Di sisi lain, jika kamu merasa sangat sulit, mungkin ada yang salah dengan perut atau tulang belakang bagian bawah. Berbaringlah dengan nyaman dengan tubuhmu menyentuh lantai.

Angkat hanya tubuh bagian atasmu, termasuk tanganmu, sedikit ke atas. Tahan posisi ini selama 30 35 detik. Jika kamu lulus tes ini tanpa kesulitan, tubuhmu sehat. Jika kamu gagal, mungkin ada masalah dengan tulang belakangmu.

Harap diingat bahwa tes ini bukan alternatif untuk tes yang sebenarnya dilakukan oleh seorang profesional, tetapi hanya pemeriksaan diri cepat yang dapat kamu lakukan di rumah. Jika kamu memiliki gejala yang merepotkan, jangan tunda berkonsultasi dengan dokter.

Berita Terkait

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

Remaja ini Jadi Buta dan Tuli, Sejak SD Hanya Mau Makan Frozen Food dan Snack Kemasan

Nurofia Fauziah

Jangan Panik! 5 Langkah yang Dapat Dilakukan Jika Ada Pasien Virus Corona di Sekitar Anda

Nurofia Fauziah

dan Diagnosis Ashanty Autoimun Terkenal dengan Metode Cuci Otak Profil Dokter Terawan Calon Menkes

Nurofia Fauziah

Hindari Penggunaan Celana Dalam yang Lembap Saat Musim Hujan

Nurofia Fauziah

Perpanjang Umur 5 Jus Buah & Sayur ini Ternyata Manfaatnya Mengejutkan Selama ini Disepelekan

Nurofia Fauziah

Penjelasan Ahli Jawab Pertanyaan Kapan Pandemi Virus Corona Bakal Berakhir

Nurofia Fauziah

4 Manfaat Olahraga Kickboxing untuk Kesehatan, Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Nurofia Fauziah

Ada Keju hingga Biskuit Es Krim 5 Produk Olahan Susu Paling Terkenal & Digemari

Nurofia Fauziah

Leave a Comment