Sport

Carmelo Ezpeleta Pertimbangkan Pangkas Seri MotoGP 2020 Usul Presiden FIM Tak Sejalan dengan Dorna

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, membuka kemungkinan adanya pemangkasan jumlah seri balap pada MotoGP musim 2020. Rencana Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP untuk musim 2020 buyar setelah pandemi virus corona memaksa mereka membatalkan berbagai balapan. Setelah seri pembuka MotoGP Qatar (8/3/2020) digelar tanpa sajian balapan kelas utama, Dorna terpaksa menunda empat seri balap berikutnya.

Belum meredanya pandemi virus corona membuat Dorna kelimpungan untuk menyusun kembali jadwal kejuaraan MotoGP musim 2020. Jadwal terkini MotoGP 2020 sudah menuai protes karena menumpuknya balapan dalam periode yang singkat, utamanya pada akhir tahun. Terhitung 10 pekan sejak seri MotoGP Aragon pada 27 September, para pembalap harus melakoni delapan balapan yang berlangsung di tiga benua.

Dengan sisa waktu yang menyusut, merelokasi seri yang tertunda menjadi pekerjaan sulit. Belum ditambah masalah lain seperti memastikan kondisi sirkuit akan ideal untuk tanggal tertentu. Sebagai contoh, pemindahan MotoGP Argentina ke akhir tahun sudah menimbulkan kekhawatiran akan cuaca yang terlalu ekstrem mengingat musim panas tiba di Argentina saat itu. Kelanjutan dari pembatasan perjalanan yang dilakukan berbagai negara juga menjadi perhatian Dorna agar semua kontestan dapat berpartisipasi.

Situasi yang pelik ini membuat Presiden Federasi Internasional Balap Motor (FIM), Jorge Viegas, telah mengusulkan untuk menggelar kejuaraan hingga awal tahun depan. Sekadar informasi, FIM mewajibkan sekurang kurangnya ada 13 balapan yang digelar musim ini agar MotoGP mendapat status Kejuaraan Dunia. "Jika perlu, kejuaraan akan dilanjutkan sampai Januari 2021. Bagi kami, itu bukan hal yang tabu," kata Jorge Viegas, dilansir BolaSport.com dari Crash .

Memperpanjang kalender kejuaraan bukannya tak berisiko. Pasalnya, MotoGP akan menghadapi jadwal yang lebih padat pada 2021 dengan hadirnya 22 seri balap, termasuk balapan anyar MotoGP Indonesia. Dalam hal ini, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, berseberangan dengan Presiden FIM.

Kendati bersedia menggelar MotoGP 2020 hingga Desember, Ezpeleta enggan mengambil keputusan yang mengancam kelangsungan kompetisi musim depan. "Kami tidak bisa melangkah terlalu jauh dengan memaksa kejuaraan digelar hingga musim dingin dan merusak musim 2021," tutur Ezepeleta, dilansir BolaSport.com dari AS . Ezpeleta menegaskan bahwa keputusan perihal perubahan jadwal akan sangat bergantung dengan kapan MotoGP 2020 dapat dimulai.

Memangkas jumlah seri MotoGP 2020 menjadi salah satu opsi yang akan dipertimbangkan oleh pria kelahiran Barcelona tersebut. "Mungkin kami akan membuat musim yang yang lebih pendek agar kompetisi tahun depan bisa berjalan sesuai rencana," ucap Ezpeleta melanjutkan. "Ketika kami tahu situasi yang sedang dialami, kami akan tahu bagaimana kompetisi berikutnya akan berjalan, karena dunia tidak akan sama sesudah apa yang terjadi sekarang."

"Sekarang hal terpenting adalah agar kami dapat segera keluar dari masalah ini, sehingga kami semua berada dalam kondisi baik dan dapat kembali bekerja," pungkasnya.

Berita Terkait

Qarrar Firhand Sabet Juara di Dua Ajang International Berbeda Dalam Dua Pekan Beruntun

Nurofia Fauziah

Fabio Quartararo Tercepat di Tes MotoGP Misano Hari Pertama

Nurofia Fauziah

The Minions di Grup Neraka The Daddies di Grup Mudah Hasil Drawing BWF World Tour Finals 2019

Nurofia Fauziah

Jonatan Christie Ikuti Jejak Anthony dan Tommy Melenggang ke Babak Kedua

Nurofia Fauziah

Puji Permainan Indahnya hingga Sosok Musuh Terberat Daniel James Mengaku Idolai Lee Chong Wei

Nurofia Fauziah

PB Forki Turunkan Seluruh Atlet Senior di SEA Games 2019

Nurofia Fauziah

Link Live Streaming dan Jadwal Tanding Pemain Indonesia Babak 16 Besar Malaysia Open 2019 Hari Ini

Nurofia Fauziah

Pebulutangkis Indonesia Tanpa Gelar di Chinese Taipei Open 2019

Nurofia Fauziah

Muhammad Akbar Kurniawan Diharapkan Kedua Orang Tuanya Menuai Prestasi Besar di Tahun 2020

Nurofia Fauziah

Indonesia Jadi Satu dari Delapan Lokasi Perlombaan Terjun Bebas Internasional 2020

Nurofia Fauziah

Sungguh Rendah Hati, Marc Marquez Akui Akan Belajar dari Pembalap Muda Meski Bergelimang Prestasi

Nurofia Fauziah

Virtual Run DIgelar ILO Indonesia Kampanye Untuk Mendukung Kelayakan Pekerja.

Nurofia Fauziah

Leave a Comment