Techno

Cara Download Aplikasi Zoom di Laptop & Ponsel buat Rapat Online Melalui Video Conference

Saat ini, di tengah pandemi virus corona atau Covid 19, pemerintah menghimbau kepada para masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Kemajuan teknologi membuat WFH dapat berjalan sebagaimana layaknya bekerja di kantor sehingga produktivitas tetap terjaga. WFH dapat memanfaatkan aplikasi Zoom Meeteng untuk membuat ruang rapat online bersama rekan kerja.

Selain gratis, aplikasi video conference juga dapat di download dan digunakan hampir semua perangkat termasuk laptop dan smartphone. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah. Mengutip laman resminya, , Senin (30/3/2020), Zoom adalah aplikasi komunikasi video dengan platform cloud yang mudah dan andal untuk konferensi video dan audio, kolaborasi, obrolan, dan webinar di seluruh perangkat seluler, desktop, telepon, dan sistem ruang.

1. Buka browser internet (chrome, mozilla, opera, dll). 2. Kemudian buka . 3. Pilih' '.

4. Klik ' '. 5. Selanjutnya instal seperti aplikasi lainnya. 1. Buka Playstore di Hp Anda, dan ketik ' '.

2. Untuk versi terbarunya 4.6 dan baru saja diupdate tanggal 2 Maret 2020. 3. Kemudian Klik 'Download' atau 'Install'. 4. Tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa Anda gunakan di Hp Anda.

1. Pastikan telah memiliki aplikasi Zoom. 2. Buat akun dengan mendaftar mengunakan alamat email. 2. Masukkan nama depan dan belakang, kemudian centang ' '.

3. Kemudian pilih ' '. 4. Buka email yang digunakan untuk mendaftarkan, kemudian ' '. 5. Setelah itu, masukan kata sandi yang ingin Anda gunakan.

6. Undang rekan kerja yang akan Anda ajak dengan memasukkan alamat email mereka. 7. Jika tempat tidak mencukupi, pilih ' '. 8. Masukkan kode Captcha.

9. Pilih ' '. 10. Simpan url rapat, kemudian pilih . 1. Pastikan sudah memiliki akun, silahkan login.

2. Setelah itu, silahkan pilih ' ' untuk membuat ruang rapat, ' ' untuk mesuk ruang rapat yang telah dibuat rekan kerja. 3. Pengguna dapat ' tanpa memiliki akun. 4. Untuk 'Join Meeting' silahkan masukkan ID meeting dan kata sandi.

5. ID meeting dan kata sandi setiap ruang berbeda beda, tanyakan kedua hal ini kepada pembuat ruang rapat. Aplikasi yang pertama adalah WhatsApp. WhatsApp (WA) mulanya hanyalah aplikasi yang digunakan untuk berbalas pesan singkat dan foto.

Seiring perkembangan zaman, WhatsApp juga dilengkapi dengan fitur video call. Fitur ini bisa digunakan pada smartphone berbasis Android dan iOS secara gratis. Sebagai informasi, fitur video call WhatsApp hanya bisa digunakan maksimal empat orang dalam satu panggilan (termasuk pengguna).

Skype merupakan aplikasi percakapan berbasis suara dan video besutan Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan. Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat.

Termasuk mencakup komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga smartTV. Skype juga bisa digunakan sebagai media percakapan berbasis teks, baik secara individu maupun grup. Aplikasi ini juga mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel atau telepon rumah.

Selanjutnya ada aplikasi Imo. Imo memungkinkan penggua untuk berkomunikasi dengan kontak yang tersimpan pada perangkat. Termasuk kontak sosial media seperti Facebook, Skype hingga Steam.

Menariknya lagi, Imo tetap lancar meski diakses pada jaringan 3G sekalipun. Sama seperti tiga aplikasi sebelumnya, Imo bisa diakses secara gratis. Google memiliki aplikasi percakapan online bernama Hangouts Meet.

Aplikasi Google Meet mampu menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video. Google Meet sebenarnya berbayar, namun hingga 1 Juni 2020 pengguna bisa mengaksesnya secara gratis. Karena di bawah naungan Google, aplikasi ini dibekali dengan sejumlah fitur Google.

Termasuk bisa menampilkan captions secara otomatis dengan teknologi text to speec, serta jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar. Pengguna Google Meet juga bisa mengundang orang lain untuk bergabung dalam sebuah ruangan meeting online. Caranya mudah, cukup dengan memasukkan "Meeting code" yang diberikan oleh penyelenggara percakapan video.

Google Duo adalah aplikasi obrolan video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini telah tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Google Duo memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam definisi tinggi.

Hal ini dioptimalkan untuk jaringan bandwidth rendah. Google Duo memungkinkan pengguna untuk melakukan panggil seseorang yang ada pada daftar kontak mereka. Aplikasi ini secara otomatis beralih antara Wi Fi dan jaringan seluler.

Fitur "Knock Knock" memungkinkan pengguna melihat pratinjau langsung dari penelepon sebelum menjawab. Yang ketujuh ada aplikasi Slack. Aplikasi percakapan berbasis grup ini bisa digunakan untuk berkomunikasi antar topik.

Slack juga bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan melakukan video conference hingga maksimal 15 orang. Sama dengan aplikasi lainnya, Slack juga telah terintegrasi dengan beberapa tools dan media sosial. Hal itu akan memudahkan pengguna dalam mengirim file dan memantau proses kerja, seperti Google Drive, Dropbox, hingga Twitter.

Salah satu fitur menarik di Slack adalah fitur pencarian yang bisa dipakai untuk menelusuri topik atau percakapan yang sudah dilakukan sebelumnya. Aplikasi Line sudah lama meluncurkan fitur video call group. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kita harus membuat grup terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah lakukan panggilan video call seperti biasa. Anggota grup secara otomatis akan menerima panggilan tanpa kita undang secara manual. Namun mereka juga berhak menentukan ingin masuk dalam panggilan grup atau tidak.

Menariknya, Line memberikan filter filter lucu yang bisa dugunakan untuk menambah keseruan saat video call. Kita juga bisa mengubah tampilan pada layar saat lakukan panggilan. Ada dua pilihan yaitu empat kotak sama simetris, maupun dominan salah satu kontak terlihat lebih dominan dibanding yang lain.

Meski terdengar asing, Cisco Webex biasa digunakan oleh sejumlah perusahaan besar. Terutama mereka yang bertengger di daftar Fortune 500. Jumlah partisipan maksimal yang bisa masuk ke dalam sebuah panggilan video conference bervariasi, tergantung paket berlangganannya.

Namun, jumlah maksimalnya bisa sampai 100 orang. Fitur di aplikasi Cisco Webex mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub. Selain itu juga ada fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.

Berita Terkait

Simak di Sini Lengkap! Daftar Harga HP Samsung Terbaru di Bulan Januari 2020

Nurofia Fauziah

Uber Putuskan Jual Uber Eats menuju Zomato yang Jadi Rivalnya Nyerah

Nurofia Fauziah

HONOR Menyabet Berbagai Penghargaan di CES 2020 dengan Magic Watch 2 & Perangkat Lainnya

Nurofia Fauziah

iPhone 11 Pro Max 64GB dari Rp 19 9 Juta Update Daftar Harga Apple iPhone Terbaru Januari 2020

Nurofia Fauziah

Anjelo Siapkan Beragam Fitur Layanan Logistik dalam Satu Aplikasi

Nurofia Fauziah

8 Jutaan Redmi 8 RAM 4GB/64GB Seharga Rp 1 UPDATE Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Desember 2019

Nurofia Fauziah

Begini Cara Hapus Cache di Perangkat Android Tanpa Aplikasi

Nurofia Fauziah

Rekomendasi 5 Smartphone Harga Rp 1 Jutaan, Ada Xiaomi Redmi S2 hingga Realme C1

Nurofia Fauziah

Vivo Perkuat Posisi Sebagai Merek Smartphone No. 2 Teratas di Indonesia

Nurofia Fauziah

VIDEO: Menggenggam Samsung Galaxy A50 dan A30, Ponsel Berlayar Poni

Nurofia Fauziah

Polisi Beri Penjelasan Terkait Patroli di Grup WhatsApp

Nurofia Fauziah

HP Triple Camera & Game Monster Dirilis di Indonesia 19 Februari 2020 Spesifikasi Realme C3

Nurofia Fauziah

Leave a Comment