Kesehatan

Berisiko Terpapar Kuman hingga Picu Penyakit Ambeien Bahaya Bermain Ponsel saat BAB

Ponsel sudah sangat melekat dengan kehidupan manusia, kemanapun akan selalu membawanya, termasuk ke toilet. Kebiasaan bermain ponsel saat sedang buang air besar (BAB) ternyata berbahaya untuk kesehatan. Selain menyebabkan ponsel terkena kuman dari toilet, bermain ponsel saat BAB juga dapat menyebabkan penyakit ambien.

Dilansir dari , kuman dan jamur yang berada di toilet akan menempel pada ponsel. Sementara, kuman senang hidup pada ponsel yang menghantar kan panas. Ponsel yang telah terpapar kuman akan terpegang tangan, sehingga memungkinkan kuman masuk ke tubuh saat makan menggunakan tangan.

Kuman dan jamur yang berasal dari toilet menyebabkan tubuh terserang penyakit seperti perut mulas, kram, hingga diare. Kebiasaan bermain ponsel saat BAB juga dapat menyebabkan penyakit ambeien. Ambeien atau wasir adalah kondisi pembengkakan pada pembuluh darah di anus.

Karena bermain ponsel saat BAB menyebabkan durasi saat BAB menjadi lebih lama. Duduk terlalu lama saat BAB dan mengejan karena sembelit, berisiko meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus. Hal itu dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan mengalami penumpukan.

Dalam jangka panjang, aliran yang tidak lancar ini menyebabkan pembengkakan, gatal, pendarahan saat BAB, hingga berisiko terkena ambeien. Sebaiknya saat buang air besar tidak memainkan ponsel, dan mencuci tangan dengan sabun setelah dari toilet. Dilansir dari , sebaiknya menutup kloset duduk pada setelah menyiram maupun saat tidak digunakan.

Sebab, dalam kloset banyak bakteri yang dapat menyebar ke seluruh ruangan toilet. Begitupun saat menyiram kloset, air yang berputar telah bercampur dengan kotoran yang banyak mengandung bakteri. Berikut ini, tiga bahaya yang mengancam jika tidak menutup kloset toilet.

Saat menyiram kloset, bakteri akan berkumpul dalam pusaran air. Bakteri yang berkumpul dapat terbang dan menempel ke seluruh ruangan toilet. Selain itu, bakteri juga akan menempel pada tubuh si penyiram.

Kloset yang terbuka saat tidak digunakan dapat menyebabkan anak anak terjatuh ke dalamnya. Kasus tersebut biasanya terjadi pada anak di bawah lima tahun (balita), yang mana masih memiliki badan berukuran kecil. Hewan peliharaan biasanya menyukai suasana di toilet yang sejuk, dan akan menenggelamkan tubuhnya ke toilet.

Namun, seperti diketahui, pada kloset terdapat banyak bakteri, sehingga kulit hewan peliharaan dapat dipenuhi bakteri. Selain itu, menutup kloset juga dapat menghindarkan hewan, yakni ular untuk tinggal di dalam kloset.

Berita Terkait

Termasuk Cegah Kanker & Obati Asma 4 Manfaat Minyak Ikan buat Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Tak Hanya Enak Disayur, Kacang Panjang Simpan Banyak Manfaat, Cegah Diabet Hingga Kanker

Nurofia Fauziah

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel 6 Tips Sederhana Mencegah Rambut Berketombe

Nurofia Fauziah

tapi Ditolak karena Organnya Sudah Menghitam Perokok Berat Donorkan Paru-parunya sebelum Meninggal

Nurofia Fauziah

Konsumsi Buah-buahan hingga Sayuran 5 Makanan yang Membantu Anda Berhenti Merokok

Nurofia Fauziah

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Jangan Panik! 5 Langkah yang Dapat Dilakukan Jika Ada Pasien Virus Corona di Sekitar Anda

Nurofia Fauziah

Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan hingga Berat Badan Naik 5 Bahaya Konsumsi Buah Mangga Berlebihan

Nurofia Fauziah

Modernland Realty Tbk & Lotte E&C Kerjasama Bangun Mixed Use Project di Jakarta Garden City

Nurofia Fauziah

Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Nurofia Fauziah

Psikolog Jelaskan Penyebab Banyak Artis Jadi Pemakai & Pecandu Narkoba

Nurofia Fauziah

Leave a Comment