Kesehatan

5 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Termasuk Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Banyak orang cenderung menyukai air yang dingin atau air dengan suhu normal. Namun, minuman terbaik untuk mengisi perut kosong di pagi hari adalah air putih hangat. Meski air hangat bukan yang paling enak, ada banyak alasan untuk mulai rutin minum air putih hangat setiap pagi.

Uap panas yang dihasilkan oleh air hangat ternyata baik untuk hidung yang sedang tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala. Nesochi Okeke Igbokwe, mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi akan mempercepat laju pengeluaran lendir.

Air merupakan komponen penting sebagai pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses). Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai lebih optimal.

Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar. Dilansir dalam laman Medical News Today, manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat memperlancar aliran darah karena air ini bersifat vasodilatator . Oleh karena itu, saat meminum air hangat ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan di dalam tubuh, termasuk ke jaringan otot.

Apalagi jika dikonsumsi ketika sedang mengalami nyeri haid, maka manfaat air hangat akan sangat terasa. Pasalnya, otot otot yang kaku dapat dikendurkan karena aliran darahnya sudah semakin lancar. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa manfaat minum air hangat dapat menurunkan berat badan, tetapi apakah ini benar?

Nah, menurut Cara Walsh, RD seorang ahli gizi, minum air hangat tidak akan langsung membuat berat badan turun. Namun dengan minum air hangat, laju pencernaan dan metabolisme tubuh Anda jadi lebih cepat dan lancar. Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan kalori, sehingga kalori dalam tubuh jadi lebih cepat dibakar.

Namun, peningkatan kecepatan pembakaran kalori ini belum diketahui apakah sampai bisa menurunkan berat badan atau tidak. Air hangat juga memiliki peran untuk membantu pengeluaran racun di dalam tubuh. Meminum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh.

Meningkatnya suhu tubuh ini selanjutnya akan merangsang terjadinya proses berkeringat. Proses inilah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan racun. Itu mengapa air panas disebut sebut sebagai minuman yang bisa membantu proses detoksifikasi.

Selain tubuh mengeluarkan racun dari berkeringat, ini juga membantu tubuh agar dapat membersihkan pori pori. Gangguan kerongkongan itu disebut akalasia. Yakni kondisi ketika kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung.

Orang orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan. Para peneliti belum bisa membuktikan ini secara ilmiah, tetapi air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman. Terlebih lagi saat makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau sulit dicerna, air panas sangat membantu perjalanan makanan di kerongkongan.

Berita Terkait

dan Diagnosis Ashanty Autoimun Terkenal dengan Metode Cuci Otak Profil Dokter Terawan Calon Menkes

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Musim Kemarau Masih Sampai November 10 Makanan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Nurofia Fauziah

Ini Penyebabnya Ayah Jessica Iskandar susah Bernapas Usai Ditabrak Lari

Nurofia Fauziah

Inilah 5 Manfaat Wortel buat Kesehatan Tubuh Bantu Turunkan Berat Badan

Nurofia Fauziah

Kenali 5 Jenis Depresi yang Sering Terabaikan Lucinta Luna Pakai Narkoba buat Obati Depresi

Nurofia Fauziah

Ternyata Beberapa Orang Ini Tak Disarankan Konsumsi Buah Naga Meski Kaya Manfaat

Nurofia Fauziah

Suhu Udara Lagi Panas Panasnya, Trik Agar Tetap Sehat, Minum Cukup Dan Makan Buah

Nurofia Fauziah

Benarkah Kacang Hijau Berkhasiat untuk Ibu Hamil?

Nurofia Fauziah

Terapi Berhenti Merokok Selama Tiga Bulan dengan Bantuan Medis

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Sebaiknya Jangan Ditinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Nurofia Fauziah

Leave a Comment