Kesehatan

5 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Termasuk Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Banyak orang cenderung menyukai air yang dingin atau air dengan suhu normal. Namun, minuman terbaik untuk mengisi perut kosong di pagi hari adalah air putih hangat. Meski air hangat bukan yang paling enak, ada banyak alasan untuk mulai rutin minum air putih hangat setiap pagi.

Uap panas yang dihasilkan oleh air hangat ternyata baik untuk hidung yang sedang tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala. Nesochi Okeke Igbokwe, mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi akan mempercepat laju pengeluaran lendir.

Air merupakan komponen penting sebagai pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses). Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai lebih optimal.

Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar. Dilansir dalam laman Medical News Today, manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat memperlancar aliran darah karena air ini bersifat vasodilatator . Oleh karena itu, saat meminum air hangat ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan di dalam tubuh, termasuk ke jaringan otot.

Apalagi jika dikonsumsi ketika sedang mengalami nyeri haid, maka manfaat air hangat akan sangat terasa. Pasalnya, otot otot yang kaku dapat dikendurkan karena aliran darahnya sudah semakin lancar. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa manfaat minum air hangat dapat menurunkan berat badan, tetapi apakah ini benar?

Nah, menurut Cara Walsh, RD seorang ahli gizi, minum air hangat tidak akan langsung membuat berat badan turun. Namun dengan minum air hangat, laju pencernaan dan metabolisme tubuh Anda jadi lebih cepat dan lancar. Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan kalori, sehingga kalori dalam tubuh jadi lebih cepat dibakar.

Namun, peningkatan kecepatan pembakaran kalori ini belum diketahui apakah sampai bisa menurunkan berat badan atau tidak. Air hangat juga memiliki peran untuk membantu pengeluaran racun di dalam tubuh. Meminum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh.

Meningkatnya suhu tubuh ini selanjutnya akan merangsang terjadinya proses berkeringat. Proses inilah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan racun. Itu mengapa air panas disebut sebut sebagai minuman yang bisa membantu proses detoksifikasi.

Selain tubuh mengeluarkan racun dari berkeringat, ini juga membantu tubuh agar dapat membersihkan pori pori. Gangguan kerongkongan itu disebut akalasia. Yakni kondisi ketika kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung.

Orang orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan. Para peneliti belum bisa membuktikan ini secara ilmiah, tetapi air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman. Terlebih lagi saat makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau sulit dicerna, air panas sangat membantu perjalanan makanan di kerongkongan.

Berita Terkait

Asal Tak Berlebihan 4 Minuman Dingin & Segar Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Nurofia Fauziah

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Harganya Murah Meriah Ramuan-ramuan Tradisional di Bawah Ini Manjur buat Atasi Nyeri Sendi

Nurofia Fauziah

Kadar Lemak & Garamnya Tinggi Hati-hati Konsumsi Mi Instan! Nutrisinya Rendah

Nurofia Fauziah

8 Warna Kotoran Telinga Ini Ternyata Menunjukan Kondisi Kesehatan Seseorang, Penting Diperhatikan!

Nurofia Fauziah

Apa Itu Penyakit Pneumonia? Kenali Sejak Dini Penyebab, hingga Cara Pengobatannya Sebelum Terlambat

Nurofia Fauziah

Pacitan KLB Hepatitis A, 824 Warga Keluhkan Nyeri di Perut, Tak Nafsu Makan dan Pembesaran Hati

Nurofia Fauziah

Mandi Air Hangat hingga Makan Pedas Redakan Hidung Mampet 8 Tips Atasi Hidung Tersumbat karena Flu

Nurofia Fauziah

Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker 5 Manfaat Buncis buat Kesehatan

Nurofia Fauziah

Mirip Penyakit Irish Bella Sakit Infeksi Kemih Padahal Hamil Kabar Sedih Sulis Eks Duet Hadad Alwi

Nurofia Fauziah

Gunakan Lidah Buaya hingga Cuka Apel 6 Tips Sederhana Mencegah Rambut Berketombe

Nurofia Fauziah

Leave a Comment