Travel

207 Ribu Tiket Kereta untuk Mudik Sudah Terjual, Simak Tips agar Tak Kehabisan

Sejak dibukanya penjualan keberangkatan H 10 Lebaran pada 25 Februari 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menjual 207 ribu tiket Lebaran, atau 24% dari total ketersediaan tiket. Dilansir dari laman kai.id, tiket yang habis terjual adalah tiket untuk tanggal dan rute keberangkatan favorit. Total hit tertinggi terjadi pada penjualan tiket H 6 Lebaran yaitu pada 1 Maret 2019, terdapat 12.290.900 hit yang berasal dari seluruh channel penjualan resmi KAI.

Kemudian pembelian tiket tertinggi terjadi pada tiket kereta untuk H 4 Lebaran pada 3 Maret 2019 yang mencapai 12.269.085 hit. Sedangkan untuk rute favorit para pemudik adalah dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Dengan meningkatnya minat dan antusias calon pemudik menggunakan moda transportasi kereta api, KAI memberikan beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang.

Jika tiket yang kamu inginkan habis, kamu bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, kamu bisa memesan jalur Jakarta–Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta Cirebon lalu Cirebon – Solo.

Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal tanggal favorit. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI. Kamu juga bisa membeli tiket KA Tambahan yang akan dijual oleh KAI pada H 60 Lebaran. Diketahui bahwa KAI menyediakan 50 KA Tambahan Lebaran 2019 yang terdiri dari 27 KA Eksekutif & Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

Berita Terkait

Kronologi Traveler yang Didenda Rp 1 Juta Karena E-Tollnya Hilang

Nurofia Fauziah

Mau Tiket GIIAS Gratis? Nginap di Hotel Santika Premiere ICE – BSD City, Anda Akan Mendapatkannya

Nurofia Fauziah

Jurang Jero Bike Park Jadi Tempat Bersepeda Favorit Tak Jauh dari Gunung Merapi

Nurofia Fauziah

10 Warung Soto Mi Enak di Bogor yang Cocok buat Menu Sarapan

Nurofia Fauziah

Pesawat Alihkan Penerbangan Saat Tahu Ada Penumpang yang Bersin & Batuk

Nurofia Fauziah

7 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Naik Pesawat Menurut Pramugari

Nurofia Fauziah

Fenomena Langka Penampakan Komet Neowise & Wilayah yang Bisa Melihatnya

Nurofia Fauziah

Pekerja Bandara Narita Tak Sengaja Jatuhkan Reagen Virus Corona di Ruang Karantina

Nurofia Fauziah

Situ Janawi di Kabupaten Majalengka, Tawarkan Pesona ‘Telaga Suci’ nan Jernih

Nurofia Fauziah

Kuliner Lezat Legendaris yang Cocok Disantap saat Musim Hujan di Jogja Mi Ayam Tunggal Rasa

Nurofia Fauziah

5 Destinasi Wisata Olahraga Terbaik di Indonesia

Nurofia Fauziah

Simak 5 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Sebelum Liburan menuju Luar Negeri

Nurofia Fauziah

Leave a Comment